Review Singkat: The Great Gatsby (2013)

TheGreatGatsby2

Tsk. Rich people.

Film dibuka dengan narasi oleh Tobey Maguire, yang selama dua jam lebih ke depan memerankan karakter seorang New Yorker era 1920-an yang tidak berbeda jauh dari seorang New Yorker 2000-an (i.e. Peter Parker). Seluruh film diceritakan dari sudut pandang Nick Carraway (Maguire) secara flashback, saya akui transisi di sana sini cukup mulus. Sayangnya, pace film ini terasa lambat di separuh awal dan agak membosankan. Performa keseluruhan cast tidak jelek, namun tidak bisa juga dibilang wow sampai membekas di mental penonton. Satu-satunya cast yang menurut saya paling sukses menghadirkan ‘1920s vibe’ di sepanjang film adalah Elizabeth Debicki (berperan sebagai Jordan Baker). 

Menonton The Great Gatsby seolah menikmati halaman majalah high fashion dalam 24 atau 30fps (dan beberapa adegan dalam slow motion entah 60 atau 120fps yang sengaja dihadirkan oleh Baz Luhrmann demi mendapatkan efek tiga dimensi yang menurut saya tidak penting-penting amat). Make up, kostum, production set, dan kalung mutiara seharga $350,000 sedikit banyak mengangkat film ini dari lembah kebosanan tadi. Soundtrack dan score juga mendapatkan nilai plus; Young and Beautiful yang dibawakan oleh Lana del Rey dan versi jazz di salah satu adegan pesta adalah yang terbaik dari keseluruhan. Efek visual begitu mengecewakan untuk standar film tahun 2013.

The Great Gatsby bukanlah film yang buruk, tapi tidak ‘great’ juga. Film ini ibarat seseorang yang berpakaian bagus dan mahal yang datang ke pesta yang tidak dia sukai. Penampilannya menyenangkan mata semua orang yang ditemuinya, tapi jiwa dia tidak sepenuhnya di sana.

Foto : IMDB.

Advertisements

2 thoughts on “Review Singkat: The Great Gatsby (2013)

  1. kirain film minyak rambut yang guede bang *ditampol*

    tapi kok ya, yg ngangkat film kok dari perhiasan sih bang? perhiasan mahal bikin ga ngantuk yaa haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s