Force of Attraction

attraction

Sotoy dikit ah di sini.

Jadi ceritanya, beberapa hari yang lalu ada tweet nyangkut di timeline gw. Tweet-nya mungkin keliatan biasa aja ya, tapi entah kenapa bagi gw itu kayak semacam ‘ZING!’ and…it captivated me. Tweetnya kayak gini nih. Yang bikin gw tertarik banget sama tweet barusan adalah gambar persamaan ini:

image

Gambar 1.1 Hukum Newton yang ditampilkan dalam huruf serif mirip Trajan

Menurut gw yang lagi sotoy-sotoy-nya ini, M ini sesuatu yg punya nilai & rentang —dari kecil sampe besar, rendah sampe tinggi —tapi nggak selalu bisa dikuantifikasi dengan angka. Tiap orang punya M beda-beda. Kita sebut saja M ini ‘aset’. *pembaca blog berkurang jadi 872*Attraction (F) antara 2 orang akan makin gede jika M masing-masing gede dan R antarkeduanya kecil. Nah, pertanyaannya, M dan R di real life ini apa? *menatap 3.560.872 pembaca blog ini*

Aset yang paling gampang dilihat dan dinilai: fisik. Semakin lo cantik atau cakep, semakin besar daya lo untuk menarik orang lain, kan? Ga perlu malu-malu gitu deh, manusia itu makhluk visual kok. Kesan pertama dapetnya ya dari apa yang kita lihat. Jolie dan Pitt ini contoh couple dimana M1 dan M2 sama-sama gede. Hasilnya? Ya cocok lah kalo jalan bareng di red carpet.
image
Gambar 1.2 Angelina Jolie dan Brad Pitt menghadiri Golden Globe Awards 2012
 

Menurut insting primitif kalian, kalo kalian cakep/cantik, bakal nyari partner yang cantik/cakep juga ato yang biasa2 aja atau malah ga cakep? Pasti nyari yang minimal ga malu-maluin buat digandeng ke acara kondangan ato Golden Globe Awards wisuda lah ya. That’s M. Tapi tunggu dulu, berhubung manusia itu bukan spesies burung, M ga melulu soal fisik. M bisa jadi fame, career, money, kematangan, intelektual, etc. It’s can be so diverse. Lo kalo punya gelar PhD di bidang neuroscience lebih mungkin nyari partner berpendidikan—at least S1 or S2 lah—daripada yang lulus SMP kan? Jadi kalo ada orang cakep jadian sama yang biasa aja mungkin M-selain-tampang overshadow M-tampang. Ato kalo lo tajir banget. Lebih mungkin lo nyari partner dari orang yang ‘setara’, kan? Seenggaknya itu salah satu pertimbangan rasional dari bonyok lo. Jadi M ini adalah segala jenis aset yang lo pake untuk menarik calon partner potensial. “Modal” untuk main game. Your worth, kira-kira. *pembaca blog berkurang tinggal 72*

Nah, sekarang RR ini paling gampang dimulai dari jarak fisik dan spasial. You can’t fall in love with strangers you never know living somewhere in North Korea. Kemungkinan untuk jatuh cinta dengan rekan kerja biasanya lebih tinggi daripada teman SD yang udah dua lima belas tahun nggak ketemu, kan? Karena R dengan rekan kerja kecil. Tapi R ga melulu soal jarak fisik, sih. Ada jarak psikologis: lo ngerasa “dekat” dengan beberapa jenis orang & “jauh” dengan jenis lainnya. Mungkin karena ada kesamaan minat atau riwayat asmara (pernah disakitin atau ditinggalin, misalnya). LDR yang langgeng mungkin bisa jadi contoh dimana R jarak psikologis mengalahkan R jarak fisik. *uhuk* *penulis muntah darah*

Ada juga temen gw (Shandy, 23, jomblo kwalitet satu) yang berpendapat R ini bisa jadi faktor eksternal seperti restu orang tua, gangguan mantan, pihak ketiga, dsb. Bisa jadi sih. Sekarang balik lagi ke Jolie dan Pitt tadi. M Jolie gede, M Pitt gede, R keduanya kecil (sesama aktor, etc). Hasilnya? F gede. Semoga langgeng sampe kakek-nenek yaaaa :3

Tapi ya itu, we are humans, not apes. Masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi attraction selain M dan R, dimana faktor-faktor tersebut nggak (bisa) dimasukin ke rumusan Hukum Newton di atas. Mengutip si Joseph; rumusan sains itu ideal sebagai acuan statis, tapi ada faktor human will yang membuat cabang humaniora penting. Sekian kesotoyan gw. Ada pertanyaan? *menatap pembaca blog yang tinggal 2*

Foto Jolie-Pitt dari sini.
Advertisements

5 thoughts on “Force of Attraction

  1. Akhirnya salah satu pembaca yang tersisa memutuskan meninggalkan komen.. Oh boleh nanya ya? Hmm.. nanya apa yah. OH, jadi yang menjadi M buat M (Mol) siapa dong? #hahaha #kabur

  2. akhirnya 2 pembaca tulisan terakhir meninggalkan jejak, sebenernya sih kemarin2 karna lupa password gravatar, jadi ga ke posting deh komennya T.T

    om mol kapan nikah?

    *gafokus
    *gafokusbanget
    *dijejelin aspal curah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s